Tips Menghemat Pengeluaran Bagi Anak Kos

Hidup di daerah perantauan memang akan membuat seseorang menjadi lebih mandiri apalagi jika datang saat – saat puasa. Mulai dari sahur hingga buka puasa, Anda harus mempersiapkan segala hal sendiri tanpa adanya bantuan dari asisten rumah tangga atau orang tua. Termasuk dalam hal mengatur keuangan, biasanya banyak godaan datang sehingga kerap kali membuat pengeluaran tanpa diperhitungkan dengan matang dan pada akhirnya membuat keuangan kita menipis. Mengatur uang demi menghemat pengeluaran memang bukanlah hal yang muda, terutama bagi mereka yang telah terbiasa tinggal bersama orang tua. Nah, tapi ada beberapa cara menghemat pengeluaran tanpa harus menyiksa diri, yuk kita lihat ulasannya dibawah ini.

1. Rencanakan Menu Makanan Setiap Hari

Cara menghemat pengeluaran yang pertama adalah dengan membuat menu makanan setiap harinya. Biasanya membeli makanan tanpa perhitungan akan membuat pengeluaran menjadi berlebih. Jika hanya terjadi sekali atau dua kali mungkin tidak apa –apa, namun jika terjadi terus menerus maka dapat menghabiskan uang simpanan sehari – hari yang kita miliki. Untuk mensiasatinya, buatlah menu untuk pagi, siang, dan sore yang sehat dan harganya masih terjangkau serta jangan mudah tergoda untuk jajan yang lain. Ini dapat membuat kita dapat memperkirakan biaya makanan setiap hari, serta menghindari membuang makanan karena tidak habis.

2. Kurangi Nongkrong

Adalah hal biasa bagi sesama anak kos untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama terutama di malam hari. Jauh dari orangtua dan keluarga membuat teman – teman kos kita sudah seperti keluarga kedua kita. Namun ternyata terlalu sering nongkrong, terutama di tempat yang mahal dapat membuat pengeluaran membengkak. Maka dari itu, kurangi nongkrong yang tidak bermanfaat, dan isilah dengan kegiatan bersama yang bermanfaat.

3. Memasak Makanan Sendiri

Menghemat pengeluaran juga dapat dilakukan dengan memasak makanan kita sendiri. Jangan hanya gunakan dapur untuk memasak kopi atau mie instan, namun gunakan juga untuk memasak sarapan, makan siang, dan makan malam kita. Cukup masak menu yang sederhana, namun tetap harus bergizi dan mengenyangkan. Jika tidak bisa memasak, maka belajarlah dari tutorial yang ada di internet. Hal ini tentunya dapat menambah kemampuan baru bagi Anda.

4. Jangan Terlalu Sering Jajan

Tanpa disadari, hal – hal kecil seperti jajan dan nongkrong di café akan membuat pengeluaran kita bengkak. Kurangi jajan terutama jika ingin hanya ikut – ikutan teman. Pergunakan uang untuk hal yang dibutuhkan terlebih dahulu baru kemudian jajan namun jangan berlebihan sehingga kita tetap menghemat pengeluaran kita.

5. Jangan Berhutang

Hindari berhutang jika tidak betul – betul mendesak. Hutang akan membuat kita menjadi tidak tenang dan akan mengganggu rencana keuangan yang telah kita susun. Jika ada hutang, maka segera lunasi sesegara mungkin agar nantinya dapat menghemat pengeluaran kita.