Tips Aman Berkendara Motor di Musim Penghujan

Musim penghujan mungkin sudah dilewati, mengingat pada umumnya musim hujan dimulai pada bulan September hingga Maret. Sebagai orang Indonesia, musim yang dimiliki hanyalah dua, yaitu musim hujan dan musim panas. Dimana pada musim hujan, setiap hari akan terjadi hujan, walaupun waktunya tidak menentu. Namun, jika musim panas, maka dalam satu minggu belum tentu terjadi hujan, dan basanya suhu udara pada musim ini sangat panas dan terik.

Mengetahui hanya ada dua musim di Indonesia, sebaiknya sebagai warga kita selalu bijak dengan membawa payung atau jas hujan untuk mempersiapkan apabila terjadi hujan sewaktu-waktu. Permasalahan yang sering terjadi adalah pada pengendara motor, dimana banyak dari mereka tidak mempersiapkan jas hujan atau mantel untuk menerjang hujan saat berkendara. Mereka memilih untuk berhenti dan meneduh di halte, atau terowongan. Hal ini sangat merugikan, selain akan menyita waktu, pengendara motor tersebut akan menyebabkan kemacetan, karena bahu jalan yang penuh dengan pemberhentian motor. Maka dari itu, anda perlu mengetahui tips aman berkendara motor di musim penghujan dibawah ini.

1. Sedia Jas Hujan

Hal pertama yang perlu anda miliki adalah jas hujan, bukan ponco. Hal ini disebabkan ponco tidak memiliki pengikat pada tubuh yang menyebabkan ponco tersebut dapat terhembus angin. Sedangkan jika anda menggunakan jas hujan dari atsan hingga celananya, anda tidak perlu memikirkan jas hujan anda terhembus oleh angin. Anda juga perlu memastikan bahwa penumpang anda memilikidan mengenakan jas hujan. Dengan ini, anda tidak perlu berteduh untuk menunggu hujan selesai.

2. Jaga Batas Kecepatan Anda

Poin kedua yang perlu anda lakukan adalah menjaga batas kecepatan laju motor anda. Mengingat kondisi jalan akan licin, maka kemungkinan motor anda tergelincir cukup besar. Selain itu, hujan yang terjadi biasanya disertai dengan angin yang cukup kencang yang akan membuat keseimbangan anda berkurang. Maka dari itu, anda perlu menjaga kecepatan dengan maksimal kecepatan 30-40 km/jam.

3. Menjaga Jarak Aman

Hal ketiga yang perlu anda lakukan adalah menjaga jarak antar pengendara lainnya, jangan sungkan untuk membunyikan klakson jika anda rasa pengendara lain dapat mengganggu keamanan anda. Jangan lupa untuk menyalakan lampu jauh dan menyalakan lampu sein jika anda ingin belok kanan atau kiri.

Itulah ketiga tips untuk berkendara motor aman di musim penghujan. Hal lain yang bisa anda lakukan adalah dengan membeli asuransi kecelakaan yang bisa menjamin penggantian dana apa bila anda mengalami kecelakaan saat berkendara.