Tips Aman Berkendara Mobil di Musim Penghujan

Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis dimana negara ini hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Dengan hanya memiliki dua musim ini, jika musim panas datang, maka udaranya akan terasa sangat panas. Namun, jika musim hujan tiba, maka hujannyapun akan sangat deras. Hal ini mengakibatkan banyak orang Indonesia yang ingin memiliki mobil agar terlindung dari panas dan hujan.

Meskipun mobil memiliki empat roda, dimana keseimbangannya lebih terjaga dibandingkan dengan motor, namun sebagai pengendara mobil harus tetap waspada dalam berkendara pada musim hujan. Kewaspadaan tersebut bisa silakukan dengan asuransi kecelakaan yang bisa ditemukan pada website ini. Saat hujan, kondisi jalan akan terasa lebih licin dan jarak pandang akan berkurang. Maka dari itu, kenali tips mana berkendara mobil di musim penghujan berikut ini.

1. Nyalakan Lampu

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menyalakan lampu mobil. Menyalakan lampu mobil berguna untuk menerangi speedometer mobil anda dan memberi sinyal keberadaan mobil anda kepada pengen dara lain. Mengingat jarak pandang yang sangat pendek, menyalakan lampu mobil dapat membantu anda dan pengendara lainnya lebih berhati-hati dalam berkendara. Lampu yang tidak boleh anda nyalakan adalah lampu hazzard dimana lampu sein kiri dan kanan mobil menyala bersamaan. Hal ini dapat membingungkan pengendara lainnya dan membahayakan diri anda jika ingin berpindah jalur ke kiri maupun kanan.

2. Jaga Jarak Aman

Menjaga jarak antara kendaraan anda dengan kendaraan lainnya sangatlah penting. Mengingat dalam kondisi hujan, jarak pandang sangat sempit dan kejadian tak terduga bisa saja terjadi kapanpun. Dengan menjaga jarak antar kendaraan, anda bisa mengantisipasi jika kendaran di depan anda melakukan rem secara mendadak.

3. Batasi Kecepatan

Selain kedua hal diatas, menjaga kecepatan mobil juga sangat penting. Mengingat jalanan yang basah dan licin, sangat tidak disarankan untuk memacu kendaraan anda dengan cepat. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya kontrol terhadap kendaraan anda dan menyebabkan tergelincir.

Itulah ketiga tips berkendara mobil saat musim penghujan. Tetaplah waspada saat berkendara saat hujan maupun tidak hujan.