Memulai Bisnis Tato Sendiri

Tato merupakan seni kuno yang menggambar suatu pola atau design pada bagian tubuh manusia yang kemudian diberi warna dan biasanya bersifat permanen. Meskipun tato identik dengan stigma negatif, namun saat ini tato merupakan sebuah hal yang biasa dan umum dikalangan anak muda. Selain untuk memperindah tampilan kulit dari seseorang, ternyata tato juga dibuat sebagai bentuk apresiasi terhadap suatu hal, contohnya ada orang yang membuat tato wajah sosok yang ia kagumi atau ada pula yang membuat tato berbentuk wajah ibu atau ayahnya. Bagi kalian yang ingin memulai bisnis tato, ini dia hal – hal yang harus kalian persiapkan.

1. Asah Kemampuan Menggambar

Bisnis tato merupakan suatu pekerjaan yang melibatkan kesenian dan tingkat keakuratan yang tinggi. Bagi kalian yang belum terampil, cobalah ikuti kelas melukis atau kelas menggambar sehingga bisa mendapatkan kemampuan – kemampuan dasar untuk menggambar dan melukis tato nantinya. Simpan hasil karya selama proses berlatih agar dapat melihat kekurangan dan kelebihan serta perkembangan dari setiap tahap menggambar yang kalian jalani. Buatlah juga sebuah portofolio untuk menyimpan karya – karya terbaik kalian agar kelak nantinya dapat menjadi nilai lebih saat membuka toko tato kalian.

2. Belajar Dari Mereka Yang Berpengalaman

Saat ini seniman tato di Indonesia berjumlah ribuan, mulai dari yang amatir sampai yang berpengalaman bisa kalian jumpai. Tentunya untuk memulai bisnis tattoo yang baik kalian harus belajar dari orang yang berpengalaman. Pelajari teknik dan teorinya dan terus berlatih agar kemampuan kalian semakin terasah.

3. Perbaiki Diri

Sebagai seorang seniman tato selain dibutuhkan kemampuan teknik dan teori, kondisi mental atau psikologis seseorang juga diperlukan. Tidak mungkin rasanya jika menjalankan bisnis tato jika kalian tipe  yang emosian, tidak sabaran, atau mudah terdistraksi. Seorang pelukis tato yang baik adalah ia yang sabar, tenang, tidak mudah terganggu, dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Selain hal – hal diatas, bisnis tato yang termasuk dalam industri kreatif ini juga membutuhkan kreativitas dan tingkat imajinasi yang tinggi agar dapat menghasilkan bentuk tato yang baik.