Manfaat Jaminan Pensiun Untuk Hari Tua

Pensiun adalah hal yang pasti akan dialami oleh setiap pekerja jika umur mereka telah mencapai 55 atau maksimal 60 tahun. Pensiun tidak akan terjadi bila seorang pekerja telah keluar dari sebuah perusahaan sebelum masa kerja maksimalnya habis. Nah bagi seseorang yang telah memasuki masa pensiun, maka mereka akan mendapatkan jaminan pensiun yang merupakan hak mereka. Telah ada undang – undang yang mengatur tentang jaminan pensium sehingga bila ada seorang pekerja yang tidak mendapatkan jaminan tersebut, maka mereka berhak untuk memintanya karena perusahaan yang tidak mau memberikan jaminan pensiun tersebut dapat terkena pasal pidana. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari uang pensiun, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

1. Pemasukan Untuk Hari Tua

Bila seseorang telah pensiun dan tidak memiliki pemasukan lain selama masa tuanya nanti, maka jaminan pensiun dapat menjadi pemasukan bagi mereka sehingga bisa tetap dapat menghidupi dirinya dan keluarga nantinya. Bayangkan jika sama sekali tidak mendapat pemasukan apapun, ditambah dengan semakin mahalnya biaya kebutuhan pokok maka kehidupan mereka akan semakin sulit dan berisiko menimbulkan masalah di dalam keluarga.

2. Modal Untuk Membuka Usaha

Dengan adanya uang pensiun, mereka dapat membuka usaha yang dapat menjadi jaminan kehidupan mereka selama masa pensiun mereka nanti. Modal yang ada bisa digunakan untuk membuka warung, rumah makan, atau jika memungkinkan dapat membuka usaha kecil menengah sehingga uang yang ada dapat terus berputar. Ini tentunya adalah cara yang cerdas dalam memanfaatkan jaminan pensiun. Jika tidak ingin memulai usaha, uang yang ada bisa diinvestasikan misalnya kedalam investasi reksadana yang akan dikelola oleh orang yang berkompeten dengan biaya investasi yang terbilang murah meriah namun dapat memperoleh keuntungan yang besar nantinya.

3. Jaminan Terhadap Resiko

Musibah adalah suatu hal yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadinya. Dengan memiliki jaminan pensiun, maka resiko yang dapat terjadi nantinya akan dapat diminimalkan dan dijamin sehingga aliran dana yang telah diatur tidak akan terganggu.