Macam-Macam Sistem Ekonomi, Mana yang Lebih Cocok Untuk Indonesia?

sistem ekonomiSetiap negara pasti memiliki masalah ekonominya masing-masing. Dan setiap negara juga mempunyai sistem ekonomi yang berbeda jadi penyelesaian permasalahannya pun berbeda juga. Sistem perekonomian adalah cara suatu negara dalam mengatur kehidupan ekonominya. Lebih tepatnya sistem ini dibuat untuk mengatur jaringan organisasi dan kebijakan berupa penetapan yang diusung oleh pemerintah dalam mengatasi masalah ekonomi. Berikut 4 sistem dalam ekonomi yang harus Anda ketahui!

1. Tradisional

Sistem ekonomi pertama merupakan sistem tradisional yang menjadi paling dasar dan masih menggunakan kebiasaan masyarakat yang berpola dari nilai budaya. Ditandai dengan tingkat produktivitas masyarakat yang kegiatannya terhitung masih di bawah rata-rata atau pola pemikiran masyarakatnya yang terbatas. Seperti produksi teknologinya yang masih sederhana dan kebiasaan turun temurun yang masih dianut. Ciri-cirinya adalah pembagian kerja yang belum ada, peran masyarakatnya yang kurang, masih adanya sistem barter dan masyarakatnya hidup dari sektor agraris.

2. Komando

Sistem ekonomi kedua merupakan sistem komando, seluruh kegiatan sudah diatur dan ditentukan oleh pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah adalah pusat komandonya dan semua keputusan diserahkan kepada pemerintah. Semua yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi diserahkan kepada pihak pemerintah. Karenanya, masyarakat tidak punya kebebasan dan kesempatan untuk berwirausaha. Ciri-ciirnya berupa semua sumber daya ekonomi adalah milik pemerintah. Perencanaan ekonomi dan kegiatan ekonomi dilakukan dalam pengawasan pemerintah.

3. Ekonomi Pasar/liberal

Sistem ekonomi ini tumbuh dengan hadirnya kapitalisme, sehingga sistem kapitalisme bebas berusaha. Memberikan kebebasan seutuhnya kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan perekonomian yang  ingin dilakukan. Setiap individu juga punya kebebasan dalam melakukan semuanya dan memiliki suatu barang, bisa berupa modal dan benda konsumsi lainnya.

4. Campuran

Terakhir adalah sistem ekonomi campuran, baik dari swasta maupun pemerintah sama-sama mendukung satu sama lainnya. Ini adalah sistem campuran antara liberal dan komando. Kelebihan dari sistem seperti ini adalah adanya andil pemerintah untuk membantu pihak swasta dalam mengembangkan bisnisnya. Dan tugas pemerintah juga jadi tidak terlalu berat karena mendapat bantuan dari pihak swasta.