Kiat Tepat Mengatur Gaji Setiap Bulan

Pasti banyak dari Anda yang kesulitan dalam mengatur gaji bulanan, terutama bagi mereka generasi millenial. Banyak orang modern di jaman sekarang ini, secara tidak sadar melakukan pola hidup boros yang menyebabkan mereka kesulitan secara finansial. Tidak jarang, mereka kerap kali kehabisan uang bahkan sebelum pertengahan bulan. Hal ini biasanya terjadi karena banyak dari mereka yang tidak pandai dalam mengatur gaji mereka. Nah tapi ada kiat tepat yang dapat dilakukan untuk mengatur gaji kita agar dapat mempersiapkan diri demi kehidupan yang lebih baik. Mari kita lihat dalam ulasan dibawah ini.

1. Susunlah Anggaran Bulanan

Tips mengatur gaji yang pertama adalah dengan membuat rincian anggaran bulanan Anda setiap bulan. Mulailah dengan membagi rincian untuk kebutuhan primer serta kebutuhan tersier. Kebutuhan primer adalah makanan, tagihan listrik dan lainnya, ongkos transportasi, cicilan, dan sebagainya. Sedangkan yang termasuk dalam kebutuhan tersier adalah shopping, traveling, hingga anggaran untuk nongkrong bersama teman atau keluarga.

2. Bayar Tagihan Saat Gajian

Ini yang kerap kali tidak dilakukan oleh banyak orang saat gajian, padahal membayar semua tagihan saat gajian dapat membuat aliran keuangan kita tetap terjaga dan terukur. Ini akan membantu kita dalam menghindari pengeluaran yang tidak terencana yang dapat mengganggu rencana yang telah disusun. Jika semua tagihan sudah dibayar, pasti Anda akan merasa lebih tenang nantinya.

3. Menabung

Jika belum pernah menabung, mulailah dari sekarang. Tabunglah sebagian gaji bulanan sebelum digunakan untuk berbagai keperluan yang ada. Nominal yang akan ditabung tergantung gaji dan kemampuan Anda, namun minimal tabunglah 10% dan semakin besar gaji Anda maka buat nominal yang semakin besar pula. Dengan cara ini, proses mengatur gaji dapat berjalan dengan lebih baik.

4. Catat Pengeluaran Setiap Hari

Simpanlah semua struk belanja serta catat semua pengeluaran setelah Anda habis berbelanja. Catatlah segala pengeluaran setiap harinya. Cara ini dapat membantu Anda mengetahui kemana uang Anda telah anda pergunakan, dan menghindari pengeluaran yang tidak harus dilakukan selama sebulan kedepan.

5. Miliki Lebih Dari Satu Rekening Bank

Buatlah beberapa rekening yang berbeda untuk beberapa kebutuhan demi mengatur gaji yang kita miliki. Pergunakan rekening yang pertama untuk kebutuhan sehari-hari yang bersifat pokok seperti kebutuhan rumah, tagihan, cicilan, dan untuk menerima gaji. Rekening ke dua bisa Anda gunakan untuk tabungan Anda dan tidak boleh disentuh sedikitpun kecuali untuk hal darurat. Nah rekening yang terakhir dapat digunakan untuk keperluan tersier seperti belanja, nongkrong, dll.

6. Lakukan Investasi

Setelah semua kebutuhan penting telah terpenuhi maka saatnya menginvestasikan sebagian gaji kita. Bisa dengan berinvestasi di bidang properti, logam mulia, saham, dan lainnya. Namun bagi Anda yang masih ingin mencoba, banyak pakar investasi menyarankan agar memulai di investasi reksadana yang dapat dimulai dengan modal kecil, aman, dan terjamin.