Inspirasi Usaha Pensiun Saat Masa Purnabakti Datang      

Saat pensiun adalah masa yang  pastinya tidak bisa dihindari oleh para pekerja. Meskipun waktu berharga ini biasanya banyak dihabiskan oleh para pensiunan untuk menikmati hidup dan melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan semasa belum pensiun, namun tidak ada salahnya untuk memanfaatkan saat – saat ini untuk tetap menghasilkan sesuatu. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu pensiun adalah dengan membuat usaha. Dengan pertimbangan dan perencanaan yang matang, maka percayalah bisnis yang anda bangun akan berhasil. Lantas kira – kira, apa saja inspirasi usaha pensiun yang dapat dilakukan untuk mengisi saat pensiun Anda? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Online Shop

Bisnis online shop sangat menjanjikan terutama dengan didukungnya perkembangan teknologi digital saat ini. Tidak membutuhkan biaya yang banyak, hanya butuh ketekunan dan kreatifitas agar produk yang dijual bisa menarik perhatian konsumen. Inovasi juga dibutuhkan agar bisa memperlihatkan perbedaan dari produk saingan. Manfaatkan media sosial yang banyak diakses oleh banyak orang di jaman ini atau jika ada teman yang ahli dalam marketing, mungkin bisa sekalian berkonsultasi dengan mereka. Oh iya, jangan lupa banyak melakukan riset dan belajar desain sedikit demi sedikit agar dapat lebih mandiri sehingga keuntungan yang didapat bisa maksimal.

2. Travel Advisor

Inspirasi usaha pensiun yang satu ini cocok untuk anda yang suka jalan – jalan. Hobi traveling bisa dimanfaatkan sembari mencari keuntungan dengan menjadi travel advisor. Sembari datang ke tempat – tempat yang dikunjungi, anda bisa sembari membuat review dan rekomendasi untuk di share di blog pribadi anda. Keuntungannya adalah anda bisa mendapatkan potongan harga bahkan bisa mendapatkan fasilitas gratis jika ternyata review yang ada buat dapat membuat banyak orang datang kesana.

3. Penulis

Inpsirasi usaha bisnis yang terkahir adalah penulis. Menulis adalah suatu hal yang bisa dilakukan oleh semua orang asal mau belajar. Mulailah dengan tulisan yang sederhana, kemudian kembangkan tulisan tersebut agar bisa menjadi lebih menarik.