Faktor yang Dapat Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi Suatu Negara

perkembangan ekonomiPerkembangan ekonomi suatu negara bisa kita lihat dari segi pembangunan yang sedang dilakukan oleh negara tersebut. Pembangunan ekonomi merupakan proses yang ditandai oleh kenaikan pendapatan total dan kenaikan pendapatan perkapita yang dapat dibandingkan dengan pertambahan penduduk disertai pertumbuhan negara yang dibarengi dengan perubahan fundamentalnya. Ketika perekonomian suatu negara maju pesat maka pembangunan yang dilakukan oleh negara tersebut semakin baik dan maksimal. Berikut ini beberapa hal yang dapat mempengaruhi perkembangan ekonomi untuk suatu negara.

1. SDM (Sumber Daya Manusia)

SDM adalah kunci utama untuk perkembangan ekonomi karena berkat adanya SDM proses pembangunan terjadi. Sumber-sumber lain tidak akan berarti jika tidak didukung oleh SDM. SDM adalah potensi besar untuk sebuah negara yang ingin perekonomiannya maju dan berkembang. Jika SDM-nya tidak memiliki potensi atau SDM-nya tidak terlatih maka bisa dipastikan negaranya tidak dapat maju karena yang mengelola saja tidak punya kemampuan yang baik.

2. SDA (Sumber Daya Alam)

SDA merupakan sumber hayati dan non-hayati yang merupakan hal penting dalam perkembangan ekonomi. Jika negara tidak memiliki SDA yang cukup maka mau tidak mau harus memasok SDA dari negara lain yang mana akan merugikan negara tersebut jika dilakukan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, potensi yang dipunya oleh SDM harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar masalah kekurangan SDA bisa teratasi.

3. IPTEK

IPTEK atau ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi faktor lain yang menyokong perkembangan ekonomi. Illmu pengetahuan dan teknologi yang biasanya digunakan untuk mengelola SDA secara lebih efektif dan efisien. Walau memiliki dua unsur yang berbeda namun IPTEK dapat membentuk ekonomi negara. Dalam ilmu pengetahuan terdapat banyak cara dan juga taktik untuk mengelola SDA karena didalam ilmu ini akan dipelajari cara membuat semua keperluan manusia menjadi lebih efisien dan efektif.

4. Sistem Pemerintah

Sistem pemerintahan negara memang berbeda-beda, tergantung sistem apa yang cocok untuk dianut. JIka pemerintahannya menganut paham liberalis maka pemerintah akan membebaskan wargany untuk melakukan berbagai macam pembangunan untuk perkembangan ekonomi dan jika yang dianut adalah paham sosialis maka pemerintah yang mengatur seluruh aspek kehidupan dari masyarakatnya.