Faktor Penting Pembangunan Ekonomi Di Indonesia

pembangunan ekonomiPembangunan ekonomi suatu negara bersifat flutuatif, yaitu selalu mengalami penaikan dan penurunan. Karena sifatnya yang fluktuatif atau berubah-ubah disebabkan oleh adanya faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan. Di Indonesia sendiri, pertumbuhan ekonominya masih kalah jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya walau di tahun 2017 lalu sudah mengalami peningkatan. Bukan hal yang mudah untuk membangun perekonomian yang bagus untuk suatu negara. Apalagi di Indonesia yang penduduknya hingga 250 juta lebih. Apa saja faktor pembangunan ekonomi Indonesia? Simak di bawah berikut ini!

1. Faktor Ketersediaan Modal

Tidak bisa dipungkiri jika pembangunan ekonomi harus memiliki modal yang besar. Dalam negara berkembang seperti Indonesia ini ketersediaan modal relatif rendah. Hal ini disebabkan karena kemampuan menabung yang masih rendah, kemampuan menabung bisa rendah karena disebabkan oleh pendapatan yang rendah, pendapatan rendah dikarenakan kurangnya produktivitas yang menyebabkan investasi tidak berkembang. Jika ingin negara maju, maka yang dibutuhkan adalah modal yang besar. Untuk mendapatkan modal, banyak faktor dari Indonesia yang harus diperbaiki seperti korupsi dan kurangnya SDM yang terlatih

2. Sosial dan Budaya

Masih berhubungann dengan poin yang pertama, pembangunan Indonesia yang maju bisa diwujudkan jika sosial dan budaya yang merusak perkembangan ekonomi dihilangkan. Ada banyak faktor budaya dan sosial negatif yang menganggu seperti korupsi yang mendarah daging, kemalasan, jam karet dan masih banyak lainnya. Jika ingin maju, sebisa mungkin ubah kebiasaan tersebut dengan melakukan hal yang lebih baik lagi, seperti jujur, sopan, inovatif, kreatif, dan  melaksanakan kewajiban.

3. Keadaan Politik

Seperti yang kita tahu, keadaan politik Indonesia memang cenderung ke arah yang negatif karena banyaknya pejabat yang gila kekuasaan. Jika politiknya saja sudah tidak sehat apalagi ekonominya. Faktor ini mempengaruhi pembangunan ekonomi dan akibatnya ekonomi menjadi tidak stabil dan malah merugikan masyarakat. Contohnya para investor asing tidak mau menamkan modalnya di sini.

4. Infrastruktur

Perlu Anda ketahui ternyata infrastruktur mempengaruhi pembangunan ekonomi. Jika infrastruktur merata maka dapat mendorong efektivitas dan efisiensi kegiatan negara. Infrastruktur juga dapat membantu pelaku ekonomi untuk melakukan pekerjaan dengan mudah dan lebih cepat. Karena waktu sangat berharga untuk kegiatan ekonomi negara.