Faktor dalam Negara yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Dunia

ekonomi budayaEkonomi dunia dikenal juga sebagai ekonomi global dan hal tersebut mengacu pada situasi dan kondisi ekonomi nasional di seluruh dunia. Ekonomi global tentu mengalami pertumbuhan yang sekaligus menjadi salah satu penentu kemajuan dan perkembangan negara. Perkembangan ekonomi sendiri merupakan sebuah proses yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam upaya merubah sebuah kondisi ekonomi negara menjadi lebih baik. Berikut ini merupakan beberapa faktor-faktor penting dari dalam setiap negara yang dapat mendukung pengembangan ekonomi dunia.

 

1. Sumber Daya Alam


SDA merupakan satu dari beberapa faktor penting dalam perekonomian suatu negara. Dengan potensi alam yang bagus serta pemanfaatan yang maksimal akan memudahkan pemerintah dalam meningkatkan produksi SDA.  Alangkah baiknya sumber alam yang melimpah dalam sebuah negara, dimanfaatkan dengan efektif dan efisien serta bijasan untuk membangun perekonomian negara tersebut.

 

2. Sumber Daya Manusia


SDM dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan bantuan peran SDA yang mumpuni  sesuai dan tepat sasaran. Pada dasarnya, manusia menjadi pelaksana dalam segala bentuk aktivitas perekonomian. Manusia dengan kualitas pemikiran yang baik, tentu akan menghasilkan pekerjaan dengan kinerja yang baik. Dengan begitu, sebuah negara akan mampu meningkatkan pendapatan nasional melalui SDM yang kaitannya mendorong ekonomi dunia.


3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Perkembangan ekonomi dunia tidak lepas dari IPTEK dan teknologi yang dimiliki suatu negara. Hal tersebut tentu berkaitan dengan peran manusia dalam mengusahakan kemajuan teknologi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan. Dapat dikatakan bahwa IPTEK sangat berkaitan dengan SDM yang ada.


4. Sosial dan Budaya


Sosial & budaya masing-masing negara di seluruh penjuru dunia tidak luput sebagai salah satu faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi dunia. Kedua aspek ini tentu memberikan pengaruh terhadap manusia dengan peran khusus dalam perekonomian negara. Sosial budaya yang punya pengaruh baik akan menciptakan kebiasaan positif dan mengarahkan individu ke hal-hal yang memiliki nilai positif serta terhindar dari hal-hal buruk korupsi, pemborosan dan hal penting terkait moral lainnya.