Cara Merencanakan Keuangan Keluarga Yang Sehat  

Masuk kedalam dunia pernikahan merupakan saat yang pastinya sangat membahagiakan. Menjalani hidup bersama pasangan apapun yang terjadi dan saling mendukung serta menerima satu sama lain tanpa pamrih. Saat memulai sebuah keluarga, banyak hal yang harus direncanakan terutama perihal keuangan di dalam keluarga. Pola pikir baru harus diterapkan karena uang yang dimiliki sekarang adalah uang bersama sehingga penggunaannya juga harus berdasarkan keputusan bersama. Namun ternyata masih saja ada orang yang telah menikah mengalami yang namanya kesulitan keuangan karena tidak dapat mengatur pengeluaran dengan baik. Jadi, masalah utamanya adalah pada bagaimana Anda mengatur keuangan bukan pada besarnya penghasilan setiap bulannya. Membuat rencana soal keuangan memang sulit, apalagi jika sudah menikah. Namun jangan takut karena semua itu tidak sesulit yang dibanyangkan. Berikut ini adalah cara untuk merencanakan keuangan keluarga dengan sehat dan baik.

1. Hindari TV Kabel

Guna merencanakan finansial kita, hindari membiasakan diri menonton tv kabel berbayar yang dapat menyebabkan kecanduan. Untuk menikmati acara hiburan dari televise Anda bisa memanfaatkan sarana streaming lewat internet yang bisa di akses dengan bebas saat ini. Untuk acara tv lokal, Anda menggunakan antenna lokal. Dengan cara ini Anda dapat menghemat hingga sekitar 200 – 300 ribu rupiah perbulannya.

2. Jangan Gunakan Jasa Tukang Kebun

Jika Anda mempunyai taman atau kebun, ada baiknya jika Anda merawatnya sendiri. Menggunakan jasa dari tukang kebun dapat dihindari dengan cara mengajak seluruh anggota keluarga untuk berkebun bersama. Cara ini dapat meminimalisir pengeluaran sekaligus juga dapat meningkatkan harmonisasi keluarga. Usahakan untuk menanam tanaman yang sederhana dan tidak membutuhkan perawatan yang ekstrim.

3. Hemat Listrik

Buatlah peraturan dirumah seperti mencabut kabel atau peralatan elektronik lainnya dari steker jika sudah tidak digunakan. Selain itu nyalakan lampu pada saat – saat tertentu saja, dan desain rumah Anda dengan banyak jendela atau material tembus pandang sehingga sinar matahari dapat masuk dengan maksimal dan tidak membutuhkan lampu lagi selama pagi, siang, dan sore hari.

4. Bijak Dalam Berbelanja

Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan karena jika berbelanja hanya berdasarkan keinginan maka pastilah uang kita akan cepat habis. Selain itu proses merencanakan keuangan keluarga yang sedang atau telah kita susun akan menjadi terganggu.

5. Menabung Bersama

Nah bagi orang tua atau orang yang telah memiliki pemasukan sendiri, menabung mungkin adalah hal yang biasa. Namun bagaimana dengan anak – anak yang masih mengandalkan orangtuanya untuk kebutuhan sehari – hari mereka? Ajarilah anak menabung dengan mengajak mereka untuk menyisihkan sebagian dari uang jajan mereka untuk ditabung. Ini akan membiasakan diri mereka untuk selalu menabung setiap bulannya.