Cara Cermat Dan Cerdas Mengatur Keuangan

Mungkin Anda pernah mendengar sebuah nasihat yang mengatakan, “kebiasaan yang dilakukan akan menentukan masa depan kita nantinya”. Terdengar sederhana memang, namun ternyata itu sangat benar adanya. Begitu pula dalam hal mengatur keuangan. Dengan mengatur keuangan, nantinya hal itu  akan sangat menentukan kondisi keuangan Anda di masa depan. Apakah akan sukses secara finansial, atau malah jatuh miskin? Kalau sampai tidak ingin menjadi seperti yang terakhir, maka mulailah dari sekarang untuk mulai mengatur keuangan dengan baik. Coba bayangkan jika saat ini kondisi keuangan Anda masih menyedihkan karena pola hidup yang boros. Padahal setiap bulannya telah ada pemasukan yang tetap, namun tetap saja Anda selalu kesulitan di pertengahan bulan karena uang simpanan telah menipis. Jika sudah seperti itu, apakah Anda tetap ingin berlarut – larut dalam kondisi tersebut? Jangan! Inilah saatnya berbenah dan lakukan introspeksi mengapa kondisi finansial kita berantakan. Pikirkan kembali apakah selama ini kita belum melakukan kebiasaan – kebiasaan yang cerdas dan cermat untuk mengatur keuangan seperti di bawah ini.

1. Miliki Asuransi

Asuransi jiwa memiliki fungsi untuk melindungi diri kita dan keluarga dari resiko yang dapat terjadi nantinya, seperti memberikan nafkah pengganti jika sang tulang punggung meninggal atau cacat. Sementara asuransi kesehatan dapat berfungsi jika ada keluarga yang sakit atau kecelakaan di masa depan nanti.

2. Menabung

Menabung sangat penting bagi kehidupan kita di masa depan, karena kita pasti akan merasa aman dan nyaman jika telah ada dana yang disiapkan untuk berbagai hal yang telah kita rencanakan. Berapapun penghasilan yang kita dapatkan, pastikan untuk menyisihkan setidaknya 10% atau lebih untuk di tabung Semakin besar nominal yang ditabung, maka akan semakin besar pula uang yang akan menjamin kita di masa yang akan datang.

3. Belanja Dengan Cerdas

Nah tips mengatur keuangan yang satu ini mungkin wajib di baca dan dimengerti oleh para wanita, terutama mereka yang sudah berkeluarga. Belanja, sebuah hal yang menjadi ciri khas kaum wanita dan merupakan hal yang sering kali tidak dapat ditahan untuk dilakukan sehingga pada akhirnya membuat pengeluaran membengkak. Bayangkan jika suatu saat keluarga ada yang sakit sedangkan uang telah habis untuk berbelanja, pastinya akan kesulitan bukan? Nah belanja boleh – boleh saja sebetulnya, namun harus dibuat tingkat prioritasnya, dahulukan kebutuhan dan hal yang penting dibandingkan nafsu dan keinginan sesaat.

4. Mencatat Pengeluaran

Tips yang satu ini mudah dilakukan oleh siapapun, tujuannya sederhana namun akan berdampak besar. Dengan mencatat pengeluaran maka kita akan tahu kemana uang kita pergi sehingga kita bisa melakukan evaluasi untuk hari – hari selanjutnya agar lebih cermat dalam mengeluarkan uang.

5. Kreatif Dalam Berhemat

Orang yang berhemat kadang sering dianggap sebagai orang yang pelit oleh lingkungannya. Padahal berhemat tidak sama dengan pelit. Berhemat adalah saat kita tahu dan cerdas dalam melakukan pengeluaran serta menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Sedangkan pelit adalah saat kita tidak ingin rugi sedikitpun, bahkan untuk hal normal yang dapat mendukung kehidupan kita. Kreatiflah dalam melakukan penghematan. Misalkan, ambil dalam jumlah besar uang yang ada di ATM, kemudian bagi menjadi beberapa amplop untuk kebutuhan selama sebulan. Sisa uang yang ada di ATM tidak boleh disentuh kecuali darurat.