Barisan Usaha Kreatif Sukses Hasil Karya Anak Indonesia

Bagi mereka yang tidak berminat untuk bekerja di corporate company, bisnis merupakan pilihan terbaik yang bisa dicoba. Kelebihannya adalah dapat menentukan sendiri konsep dan visi serta misi dari usaha yang akan dibangun, serta lebih banyak kebebasan dalam mengelola usaha tersebut. Keuntungan yang di dapat setiap bulannya juga tidak main – main, ada yang bisa mendapatkan income hingga 500 juta setiap bulannya. Langsung aja yuk kita lihat beberapa usaha kreatif anak Indonesia yang sukses menembus dan bertahan di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

1. Avo Innovation & Teknologi

Sebagai CEO, Anugrah Pakerti sukses membawa bisnis yang awalnya kecil – kecilan ini sukses merambah pasar internasional. Bisnisnya ini bergerak di bidang kosmetik dan perawatan tubuh yang mempunyai standar kualitas yang tinggi. Awalnya produknya ini hanya dijual kepada kerabat dekat dan teman – temannya, hingga akhirnya ia memutuskan untuk melakukan digitalisasi terhadap bisnisnya yang ternyata merupakan keputusan yang tepat. Omzet perbulannya mampu mencapai 400 juta rupiah dan bisnisnya ini telah menginspirasi anak muda lainnya untuk turut bergerak di bidang usaha kreatif.

2. Men’s Republic

Usaha kreatif di bidang clothing memang menjadi bisnis yang tidak pernah lekang oleh waktu. Yasa Paramita Singgih sebagai pemilik dari Men’s Republic tidaklah seperti anak muda lainnya yang melakukan kegiatan tidak bermanfaat, ia justru sibuk berbisnis demi masa depannya. Perjuangannya tak sia – sia, ia masuk kedalam golongan pengusaha muda suskes dalam majalah Forbes di katergori Retail & E-commerce. Selain itu dalam sebulan keuntungan yang ia dapatkan berkisar 300 – 400 juta.

3. Kreavi atau Kreatif Visual

Masih kurangnya sarana dan prasarana bagi para pecinta teknologi dan desain, membuat Benny Fajarai yang merupakan kelahiran Pontianak 27 April 1990 ini memutuskan untuk mencoba peruntungan di bidang digital. Ia mendirika Kreavi ( Kreatif Visual) yakni situs yang menyediakan sarana bagi para pelaku usaha kreatif seperti advertising, animator, arsitek, fotografi, web desainer, dll.

Usaha kreatif membutuhkan kreativitas dan kecerdasan dari para pelakunya agar menciptakan produk dan inovasi yang unik dan menarik agar kelak dapat membawa keuntungan. Selain itu perencanaan serta konsep yang matang juga diperlukan agar menghasilkan kelebihan dibanding produk atau jasa lainnya.