4 Jenis Bisnis Indonesia yang Bisa Digeluti

bisnis indonesiaBisnis adalah suatu pekerjaan yang tidak lepas dari produksi, pembelian, penjualan, dan pertukaran barang maupun jasa. Usaha sering kali dihubungkan dengan perusahaan dan organisasi yang dihasilkan jasa untuk menghasilkan laba. Usaha juga adalah cara untuk memenuhi kebutuhan manusia atau pun organisasi. Dengan melibatkan orang atau perusahaan dan di Indonesia sendiri memiliki banyak macam bisnis yang dapat digeluti. Dari mulai bisnis kecil sampai bisnis besar. Ada beberapa jenis bisnis Indonesia untuk Anda para pebisnis yang ingin melebarkan sayapnya lebih luas di dunia bisnis. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Manufaktor

Pernah mendengar usaha manufaktor? Bisnis Indonesia ini  adalah usaha yang beraktivitas menghasilkan produk yang datang dari barang baku/mentah atau yang terbagi dalam sebagian komponen-komponen dan dijadikan satu produk lalu dijual untuk menghasilkan keuntungan. Ada banyak perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang ini. Contohnya adalah baju, elektronik, makanan siap saji, kendaraan dan lain-lain.

2. Usaha Finansial

Usaha finansial memang sudah terkenal sebagai bisnis Indonesia yang menguntungkan. Misalnya adalah investasi serta pengelolaan modal yang mana nantinya investasi itu diberikan kepada pebisnis atau aktor usaha untuk nantinya memperoleh hasil dari yang dijalankan oleh pebisnis tersebut. Contohnya ada bisnis reksadana, investasi pada perusahaan, dan investasi dalam bentuk penanaman modal lainnya.

3. Usaha Transportasi

Salah satu bisnis Indonesia yang sedang trend adalah bisnis transportasi. Usaha ini adalah usaha yang beraktivitas untuk memperoleh keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari tempat penjemputan ke tempat tujuan yang dimaksud oleh customer. Dan dengan cara ini akan memperoleh imbalan. Beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang ini adalah Gojek dan Grab dan kedua perusahaan tersebut sudah mencapai kesuksesaannya di Indonesia.

4. Pengecer/distributor

Pengecer atau distributor adalah pihak yang bertindak untuk menjadi penghubung barang/produk dari produsen kepada customer yang bisa memperoleh keuntungan dari aktivitas penjualan/pembelian tersebut. Tidak butuh membangun perusahaan yang besar untuk membuka bisnis Indonesia ini. Untuk awalan, Anda cukup dengan membuka usaha seperti warung, agen, toko kelontong, atau usaha jasa titip. Modal yang dikeluarkan juga cenderung sedikit. Cocok bagi Anda yang baru mau memulai sebuah bisnis.