Ketahui 4 Fakta Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun Lalu

pertumbuhan ekonomiKita tahu bahwa pada tahun 2017 lalu pertumbuhan ekonomi yang dialami oleh Indonesia mencapai 5,19%. Walau sudah menunjukan peningkatan tetapi sebenarnya belum ada perubahan yang signifikan. Seperti yang dikatakan oleh Presiden Joko Widodo jika ekonomi Indonesia masih belum bisa melaju kencang karena menurutnya masih ada banyak masalah yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Namun, pertumbuhan ekonomi dinilai sehat dan makin banyak lembaga-lembaga dunia yang yakin dengan masa depan perekonomian Indonesia. Berikut beberapa fakta dibalik pertumbuhan Indonesia yang dapat Anda ketahui.

1. Masih Belum Mencapai Target

Sebenarnya angka 5,19% ini masih dibawah target masih masih lebih rendah dari yang diprediksi oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) yang mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi indonesia bisa berasa di lever 5,1%. Selain itu, angka ini juga meleset dari perkiraan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yaitu sebesar 5,17%. Akan tetapi, dengan adanya peningkatan ini diharapkan perekonomian Indonesia dapat bisa meningkat lagi dan sesuai target pada 2018.

2. Konsumsi Rumah Tangga Tinggi

Pertumbuhan ekonomi di tahun 2017 sebenarnya didukung oleh pengeluaran rumah tangga yang memberikan peranan pada pertumbuhan perkonomian sebesar 3,69%. Hal ini karena pengeluaran dan ketergantungan konsumsi yang cukup besar. Tahun 2017, konsumsi mencapai 4,95%. Ini terlihat dari penjualan makanan dan minuman yang mencapai 5,37%  dan sandang, alas kaki, dan pakaian yang bisa mencapai 3,62%.

3. Perekonomian Jawa dan Sumatera Mendominasi

Berdasarkan wilayah Indonesia yang menyumbang pertumbuhan ekonomi, Sumatera dan Jawa masih mendominasi pada 2017. Keduanya telah memberiakn kontribusi sekitar 58,49% dan 21,66%. Sedangkan pulau lainnya seperti pulau Sulawesi memiliki laju perekonomian tercepat namun Bali dan Nusa Tenggara tercatat sebagai wilayah dengan laju perekonomian yang rendah sepanjang 2017 hanya sekitar 3,73%.  

4. Bidang Perdagangan dan Trasnportasi Membaik

Karena pertumbuhan perekonomi tersebut, beberapa bidang dan sektor yang membaik dibandingkan dengan tahun lalu. Seperti sektor pedagangan, transportasi dan telekomunikasi semakin membaik. Adapun yang harus diperhatikan adalah konsumsi dalam berumah tangga yang levelnya masih di bawah yang diharapakan. Dengan meningkatkan beberapa faktor atau sektor, mungkin di tahun 2018 perekonomian akan lebih baik lagi.